Tuesday, November 22, 2016

Curug Nangga

Curug Nangga

Curug Nangga terletak di desa Petahunan, Kecamatan Pekuncen, Kabupaten Banyumas. Merupakan Air Terjun yang berundak dan bertingkat. Dari namanya, Nangga bisa berarti tangga, mungkin karena bentuknya yang menyerupai anak tangga. Ada juga yang berpendapat, Nangga berasal dari kata Naga. Entahlah mana yang benar. 

Sekilas, ada tujuh tingkatan yang terdapat pada air terjun ini, tetapi sebenarnya bisa lebih kalau kita menghitung undakan sampai dengan sungai yang paling bawah. Airnya berwarna kecoklatan tidak mengurangi keasikan kami untuk mengeksplore curug ini. Pada sisi kanan curug terdapat jalan setapak untuk mencapai masing-masing “lantai” dari curug ini. Mulai dari perosotan batu yang ada pada “lantai” paling dasar, spot-spot freefall yang ada juga menjadi keasyikan tersendiri, air terjun teratas yang memiliki sensasi “persembunyian” dibelakang airnya,

Terletak di sebelah barat Purwokerto, sekitar 1 jam perjalanan. Letaknya sangat dekat dengan Kecamatan Ajibarang. Karena letaknya yang berada jauh dari jalan raya, cara termudah menuju kedua lokasi ini adalah dengan menggunakan kendaraan pribadi dari Purwokerto. Bila kalian dari luar kota dan ingin menggunakan kendaraan umum, sebaiknya menggunakan kereta api dan menyewa motor di Purwokerto. 

Gunakan “Gmaps” untuk mencapai kedua lokasi ini karena tidak terdapat papan petunjuk yang cukup jelas dari jalan utama menuju ke kedua Curug ini. Cara yang sama yang kami gunakan dan berhasil. Trek yang dilewati, setelah lewat jalan utama, menanjak cukup terjal tetapi jalan teraspal dengan baik, setidaknya sampai tulisan ini ditulis. Jadi, gunakanlah kendaraan yang mesinnya cukup sehat karena tanjakan-tanjakan itu cukup menguji kemampuan kendaraan anda.


No comments:

Post a Comment