Saturday, December 3, 2016

Curug Carang





Curug Carang, debit airnya yang besar dan beberapa curug kecil di sekitarnya membuat pesona Curug Carang ini sayang untuk dilewatkan.Karena belum dikenal, curug ini belum dikelola serius sebagai obyek wisata.

Jika anda menuju Baturraden dari kota Purwokerto, maka akan melewati Desa Kemutug Kidul. Cobalah tanya warga setempat di mana lokasi Curug Carang. Dengan senang hati mereka akan menunujukkannya. Curug Carang berada di tepi timur Desa Kemutug kidul, harus melewati areal persawahan untuk menuju curug ini. 

Tebing terjal juga harus dituruni. Agak susah, karena hanya dibuat tangga sederhana. Perjalanan kemudian menyusuri tepi Sungai Pelus yang berbatu besar. Ada sejumlah curug kecil sebelum kita sampai di Curug Carang. Curug-curug kecil ini menambah panorama sehingga kita lupa kalau perjalanan yang harus ditempuh sepanjang satu kilometer.

Curug Carang ada di bagian hulu. Ketinggian curug ini sekitar 20 meter.Debit airnya besar dan dikelilingi vegetasi hijau khas lereng gunung, airnya sangat sejuk, apalagi titik-titik air yang tertiup angin menambah kesejukan.

Curug Carang memang baru dikelola, pihak pemerintah Desa Kemutug Kidul baru secara bertahap mengembangkan curug ini menjadi tempat wisata terbuka milik desa.

Karena baru akan dikembangkan, fasilitas untuk pengunjung masih sangat tebatas, baru ada akses jalan sepanjang sekitar 200 meter, selebihnya masih jalan tanah.Pengunjung juga hanya dikenakan tarif parkir sebesar lima ribu rupiah. 



No comments:

Post a Comment